Kesimpulan Ekonomi di Indonesia

  Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya guna mencapai kemakmuran. Kemakmuran ialah suatu keadaan dimana sebagian besar kebutuhan manusia yang beraneka ragam telah dapat terpenuhi dan memberikan kepuasan lahir dan batin.
  Kepuasan lahir dan batin dapat kita peroleh dengan cara memenuhi kebutuhan kita. Kebutuhan manusia digolongkan jadi 5 macam, yaitu
1. Menurut tingkat kegunaan,
    - Kebutuhan Primer adalah kebutuhan pokok,
    - Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan kedua, dan
    - Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan mewah.
2. Menurut waktu,
    - Kebutuhan Sekarang, dan
    - Kebutuhan Yang Akan Datang
3. Menurut bentuk dan sifatnya,
    - Kebutuhan Jasmani
    - Kebutuhan Rohani
4. Menurut subjek yang membutuhkan,
    - Kebutuhan Jasmani
    - Kebutuhan Rohani 
5. Menurut sosial dan psikologis
    - Kebutuhan Sosial
    - Kebutuhan Psikoligis
  Kebutuhan terdiri dari 2 macam, yaitu barang dan jasa. Barang adalah alat pemuas yang berwujud, yang dapat dilihat dan dapat diraba. Jasa adalah alat pemuas yang tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan manfaatnya.
  Harga kebutuhan di Indonesia sangat tinggi karena terjadinya krisis moneter yang terjadi dari tahun 1997 sampai dengan tahun sekarang. Krisis moneter adalah krisis dari zaman murah ke zaman mahal, salah satu faktor terjadinya krisis moneter di Indonesia adalah hutang Indonesia yang banyak dari negara-negara lain.
  Hutang Indonesia yang banyak sehingga terjadinya krisis moneter yang membuat harga-harga menjadi tinggi, sehingga bahan-bahan pokok di Indonesia harganya menjadi tinggi. Dalam permasalahan di Indonesia, rakyat-rakyat kecil menjadi korban krisis moneter yang harus membeli kebutuhan-kebutuhan pokok yang tinggi. Jika kebutuhan pokok menjadi naik otomatis kebutuhan-kebutuhan yang lain menjadi naik. Tidak kebutuhan barang, tetapi yang sifatnya jasa juga akan naik.
  Salah satu usaha negara untuk mengurangi hutang negara, maka Indonesia mengeluarkan harus bayar pajak. Sebaiknya kita membayar pajak agar hutang menjadi terlunasi dan harga-harga barang dan jasa menjadi turun kembali.
 

0 Saran: