Pengertian Pariwisata di Indonesia

1. Jenis Pariwisata di Indonesia
a. Pariwisata alam
   Pergi ke pantai untuk menikmati hamparan pemandangan laut atau keindahan matahari tenggelam. Menelusuri hutan untuk melihat-lihat aneka ragam hewan dan tumbuhan di dalamnya atau pergi ke Puncak sekedar menghirup udara segar. Jika kita melakukan seperti itu, maka kita telah melakukan pariwisata alam. Untuk melakukan pariwisataalam, ada yang melakukannya dengan rombongan besar disebut pariwisata masal dan komersial.
    Pariwisata masal dan komersial adalah jenis pariwisata yang biasa dilakukan saat ini. Jumlah wisatawan tidak dibatasi. Tujuan pariwisata ini adalah untuk bersenang-senang dan berekreasi. Hampir semua tempat rekreasi yang ada di Indonesia adalah pariwisata komersial dan masal.
Panorama Pantai Anyer
b. Pariwisata budaya
    Mengunjungi objek wisata hasil peradaban manusia pada masa lalu atau sekarang di sebut pariwisata budaya.
Candi Borobudur di Indonesia

2. Persebaran Pariwisata di Indonesia
    Karena banyak objek wisata di Indonesia maka akan dijelaskan persebaran daerah tujuan wisata yang terkenal.
a. Bali merupakan daerah tujuan wisata yang utama di Indonesia, karena memiliki objek wisata alam dan budaya. Selain itu, fasilitas yang ada dapat memenuhi kebutuhan wisatawan sehingga wiatsawan datang kembali. Objek wisata di Bali yang terkenal, diantaranya pantai Kuta, Bedugul, Puri Besakih, Pasar Seni Sukowati, pantai Sanur, dan Kintamani.
b. DKI Jakarta memiliki peninggalan sejarah yang berarti, seperti Museum Fatahilah dan cagar budaya Marunda. Wisata bahari di Kepulauan Seribu dan rekreasi buatan, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pantai Ancol dan Dunia Fantasi.
c. Sumatera Utara banyak di kunjungi wisatawan mancanegara yang datang ke Danau Toba dan Brastagi. Selain itu juga mereka mengamati budaya Batak dari dekat.
d. DI Jogjakarta banyak wisatawan yang menikmati pariwisata budaya, seperti Candi Borobudur, Prambanan, kawasan Malioboro, pantai Parangtritis, dan keraton Jogjakarta.
e. Jawa Timur memiliki objek wisata alam Kawah Bromo. Selain itu, mereka mengunjungi Tretes, Selekta, makam presiden pertama Indonesia di Blitar, Candi Panataran.
f. Jawa Barat banyak wisatawan yang datang untuk menikmati hamparan perkebunan teh, Tangkuban Perahu, Situ Patengan, Waduk Jatiluhur, masyarakat Baduy, Keraton Kasultanan Cirebon, dan Ciater.
g. Daerah tujuan wisata lainnya tersebar di berbagai tempat, antara lain Tana Toraja di Sulawesi Selatan, taman laut Bunaken di Sulawesi Utara, pantai Lombok, perairan Biak di Irian Jaya, dan taman laut di Maluku.

3. Manfaat Pariwisata bagi Pembangunan Indonesia
a. Untuk menutupi kekurangan akibat menurunnya komoditas migas, sehingga menambah pendapatan negara.
b. Menyerap tenaga kerja yang banyak.
c. Mengembangkan kemajuan daerah
d. Penduduk mendapatkan penghasilan tambahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

4. Hambatan Pariwisata di Indonesia
a. Mutu pelayanan di Indonesia dinilai wisata asing masih rendah, antara lain tentang kebersihan dan penerbangan domestik.
b. Penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris masih rendah.
c. Informasi mengenai daerah tujuan wisata masih terbatas.

5. Upaya Pengembangan Pariwisata Indonesia
a. Pengadaan promosi ke mancanegara berupa pameran, pergelaran musik, tarian, makanan atau pakaian.
b. Pembentukan kelompok sadar wisata di sekitar tempat wisata. Hal ini bertujuan agar masyarakat sekitar ikut mendukung kegiatan pariwisata.
c. Peningkatan jaringan transportasi lokal dan domestik

 

0 Saran: