Tugas Bahasa Indonesia SMP VIII (12/09/'04)

Soal
1. Carilah 2 kata konotasi negatif dan positi, masing-masing buatlah kalimat!
2. Buatlah kalimat dari kata pengalaman, pelukis, pedalaman, lalu artikan maksudnya!
3. Terangkan arti peribahasa
    a) Besar pasak dari pada tiang
    b) Tong kosong nyaring bunyinya
    c) Si cebol merindukan bulan
4. Sebutkan bagian-bagian surat resmi.!
5. Carilah 2 kalimat fakta dan pendapat

Jawaban
1. -Negatif
      Bini                 : Bini saya melahirkan sabtu kemarin
      Pengangguran : Kakak saya masih pengangguran
    -Positif
      Istri                 : Saya dan istri saya berlibur satu minggu yang lalu
      Tuna karya      : Si Adi masih tuna karya
2. -Pengalaman      : Sesuatu yang telah dialami
     Pengalaman Andi di kota Jakarta banyak
    -Pelukis              : Pekerjaan
     Nuni bekerja sebagai pelukis ternama
    -Pedalaman        : Nama tempat
     Saya tinggal di pedalaman desa
3. a) Lebih besar pengeluaran dari pada pendapat
    b) Orang yang banyak bohongnya
    c) Mengharapkan sesuatu yang mustahil
4. a) Dari
    b) Tanggal
    c) No
    d) Lampiran
    e) Hal
    f) Kepada
    g) Salam pembuka
    h) Isi surat
     i) Salam penutup
5. -Fakta
     1. Curug Cinular keadaanya sangat kotor.
     2.
    -Pendapat
     1.
     2.
 

0 Saran: